Peralatan Untuk Perbaikan Periferal


Jumat, 17 Januari 2014

Peralatan Untuk Perbaikan Periferal

 
   Sebelum mengetahui peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk perbaikan periferal, sebaiknya kita ketahui dulu sedikit pengertian atau maksud dari periferal. Periferal komputer merupakan peralatan pendukung dari sebuah PC. Terkadang periferal tersebut tidak bekerja sebagaimana fungsinya atau rusak. Untuk itu, perlu dilakukan perbaikan pada periferal tersebut. Sebelum melakukan melakukan perbaikan, perlu disusun langkah-langkah persiapan perbaikan sebagai berikut:
 
 
 
 
 
 
 
  • Mempersiapkan alat-alat bantu yang digunakan untuk perbaikan
  • Mendiagnosa kerusakan-kerusakan yang terjadi
  • Menemukan bagaimana cara melakukan perbaikan periferal tersebut
  • Melakukan perbaikan periferal
  Sedangkan untuk melakukan perbaikan periferal, dibutuhkan beberapa alat bantu (tools-kit) sebagai berikut:

1. Obeng


   Merupakan alat yang paling penting dalam melakukan perbaikan periferal. Obeng sangat berguna sekali untuk membongkar & memasang periferal untuk selanjutnya dilakukan perbaikan.   Obeng ada bermacam-macam bentuknya. Mulai dari obeng (+) , obeng (-), serta obeng bintang atau kembang. Untuk melakukan periferal perlu dipersiapkan obeng dari berbagai ukuran.


2. Tang
   Untuk melakukan perbaikan periferal, digunakan tang cucut & tang kombinasi. Tang cucut banyak digunakan untuk memegang kepala skrup atau jumper yang kecil. 
 
 


3. Kuas
   Digunakan untuk membersihkan komponen periferal dari debu & kotoran-kotoran yang menyebabkan kerusakan.


4. Penyedot Debu Mini
    Fungsinya hampir mirip dengan kuas, yaitu untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada periferal. Pada ujung penyedot debu mini dilengkapi dengan sikat dengan ukuran yang beragam. Alat ini sangat tepat digunakan untuk membersihkan kotoran yang terdapat pada keyboard, fentilasi udara pada monitor & pada fan.



 
5. Kain Kering atau Tisu & Cairan Pembersih 
   Digunakan untuk membersihkan kotoran yang mungkin sulit untuk dibersihkan dengan memakai kuas atau vacuum cleaner. 
 


 

0 komentar: