Komponen Utama Sistem Operasi Unix


Jumat, 17 Januari 2014

Komponen Utama Sistem Operasi Unix

 


1.Kernel


Kernel adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi. Tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer secara aman.
Karena akses terhadap perangkat keras terbatas, sedangkan ada lebih dari satu program yang harus dilayani dalam waktu yang bersamaan, maka kernel juga bertugas untuk mengatur kapan dan berapa lama suatu program dapat menggunakan satu bagian perangkat keras tersebut. Hal tersebut dinamakan sebagai multiplexing.

2. Programs


Program adalah serangkaian instruksi yang di tulis untuk melakukan suatu fungsi spesifik pada komputer. Program yang inii membuat individu atas perintah yang diberikan oleh untuk melakukan tugas-tugas tertentu.


3. Shell


Shell adalah salah satu jenis program asli sistem operasi (seringnya merupakan program yang terpisah dari inti sistem operasi) yang menyediakan komunikasi langsung antara pengguna dan sistem operasi. Contoh dari kekerang adalah COMMAND.COM dalam MS-DOS, Macintosh Finder (Macintosh), Windows Explorer, Command Prompt/cmd.exe, dll. Shell memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan sstem. Di sinilah perintah baris yang dimasukkan, shell menterjemahkan perintah untuk kernel.

0 komentar: