Penemu Twitter


Selasa, 14 Januari 2014

Penemu Twitter - Jack Dorsey

Penemu Twitter di era modern seperti saat ini keberadaan jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook sudah merupakan bagian dari kehidupan masyarakat modern. Kehadiran social media sendiri memang menimbulkan banyak pro dan kontra. Kendati dianggap membantu orang terhubung ketika sedang berjauhan, namun jejaring sosial dituding menghabiskan banyak waktu produktif penggunanya. Walau begitu yuk kita cari tahu sejarah Twitter.




Latar Belakang Penemu Twitter

 Jack Dorsey, Lahir di St Louis, Missouri tanggal 19 November 1976, merupakan salah satu dari tiga pendiri Twitter yaitu Biz Stone, Evan Willliams, dan Jack Dorsey sendiri. ketika usianya baru 24 tahun muncul ide yang sederhana dibenaknya untuk mengubah cara berkomunikasi secara sosial, sebuah ide yang akhirnya berubah menjadi apa yang sekarang kita kenal sebagai Twitter. , ia sudah menunjukkan minat dalam pengembangan perangkat lunak pada usia 14 dan adalah untuk menciptakan perangkat lunak open source aplikasi yang berhubungan dengan rute taksi dan kurir pengiriman.

Setelah kuliah di University of Missouri dan di New York, ia pindah ke California. Pada saat itu, pesan instan benar-benar mulai luar biasa, dengan AOL Instant Messenger layanan yang sangat populer. Dorsey melihat hal ini dan bertanya-tanya apakah ia dapat menggabungkan ide-ide awalnya untuk menyediakan layanan pengiriman pesan status. “Bagaimana jika Anda dapat berbagi status Anda dengan semua teman-teman Anda benar-benar mudah, sehingga mereka tahu apa yang Anda lakukan, tapi Anda tidak ingin harus menulis seluruh blog entry atau Live Journal entry?”

Seiring berjalannya waktu dan Jack sedang sibuk bekerja pada sebuah solusi pengiriman berbasis web, ia menganggap apakah pesan teks SMS dapat dimasukkan ke dalam konsep pesan status interaktif. Kemudian Evan Williams, seorang mantan eksekutif Google, menyediakan dana investasi dan bersama-sama dengan Dorsey dan Stone untuk operasional twitter, Inc. Pada awal 2006 mereka sudah siap, tetapi tidak benar-benar memiliki strategi peluncuran yang aktif.

Pada bulan Agustus tahun 2006, twitter lahir, layanan microblogging ini Berbeda dengan layanan blog seperti Blogger, Wordpress dan Multiply, Twitter memiliki batasan 140 karakter per post – oleh sebab itu dinamakan microblogging. Apabila aktifitas menulis yang dilakukan oleh para blogger sekarang sudah memiliki kata kerja sendiri yaitu blogging, demikian juga halnya dengan aktifitas yang dilakukan oleh para pengguna Twitter

Kisah Sukses Twitter 


Apapun itu kesuksesan Twitter menjadi situs microblogging terpopuler di dunia tidak dapat dipungkiri lagi. Berawal dari proyek sederhana ingin membuat sistem broadcast message yang ada pada Blackberry. Twitter yang pada awalnya bernama 'twttr' ini bertransformasi menjadi situs sosial media paling hot saat ini. Twitter juga dinilai sebagai media informasi dengan penyebaran berita tercepat dan terluas dewasa ini. Lalu bagaimana sejarah Twitter hingga sukses seperti sekarang ini?
Twitter sendiri tidak akan pernah terlahir ke dunia ini bila penemu Twitter Jack Dorsey saat itu tidak berkeinginan untuk membuat suatu aplikasi atau layanan dimana orang bisa menyampikan apapun aspirasinya dengan singkat, padat, dan jelas dengan membatasi hanya 140 karakter yang bisa digunakan.

Awal mula penciptaan Twitter sendiri bermula dari acara diskusi yang diadakan oleh sebuah perusahaan podcast bernama Odeo. Dorsey mengemukakakn idenya untuk membuat layanan pesan singkat yang dapat berkomunikasi dengan kelompok kecil. Itulah ide awal penemu Twitter. Sebelum bernama Twitter seperti sekarang, Dorsey menggunakan nama Twttr. Hanya karena sulit dieja dan akan menyulitkan pengguna untuk mengingat layanannya ia pun mengubahnya menjadi Twitter. Siapa sangka ide sederhana itu mengantarkan Jack Dorsey jadi salah satu Miliarder Teknologi Terkaya di Dunia.

 

Siapa Itu Jack Dorsey ?

 

Jack Dorsey adalah seorang pemuda kelahiran 19 November 1976 di Fairmont City, Illinois, Amerika Serikat. Ia merupakan seorang web developer dan juga pengusaha internet terkemuka di dunia. Ia adalah satu dari 3 orang pendiri Twitter, dan juga merupakan CEO Twitter saat ini. Selain Twitter, ia masih memiliki usaha lain yaitu Square. Square sendiri dinobatkan sebagai 10 perusahaan startup tersukses di dunia.

Twitter adalah jejaring sosial sekaligus situs microblogging terpopuler di dunia. Kendati Facebook merupakan jejaring sosial dengan pengguna paling banyak di muka bumi, namun Twitter merupakan social media yang paling digandrungi anak muda saat ini.
Twitter didirikan oleh 3 orang pemuda yang semuanya tergila-gila pada teknologi informasi. Jack Dorsey, Evan Williams, dan Biz Stone merupakan orang yang ingin membuat sesuatu yang berdampak pada dunia. Ide penemuan Twitter sendiri sebenarnya sederhana, mereka berpikir bagaimana seandainya seseorang dapat berkomunikasi dengan banyak orang secara cepat tanpa perlu bertemu langsung. Mereka juga berpikir bagaimana bila seseorang mampu menuliskan apa yang dipikirkan dan dirasakan tanpa harus repot-repot menulis posting di blog.  



0 komentar: